Kamis, 31 Desember 2015

Fenomena Spam Facebook yang kian meresahkan facebooker


Belakangan Akhir ini diberanda facebook banyak iklan dan spam yang kian konyol dan mengundang para pengguna untuk mengklik dan mengunjungi tautan tersebut.
baik berupa konten lucu, konyol yang tidak masuk akal, ajakan untuk menghasilakan duit bahkan konten yang berbau Sara dan SEKS. konten tersebut mengundang penasaran para pengguna facebook untuk dikunjunginya. padahal ketika kita mengunjungu konten tersebut kita dibawa ke link dan fanspage yang isinya ribuan script spammer yang pastinya merugikan akun facebook tersebut.
baru-baru ini beredar spam yang berkonten poto yang syur dan vurgal.
Sekali lagi jangan sembarangan klik dan klik.
Dan juga apabila ada Notif (Pemberitahuan) dari siapa saja baik teman dekat atau teman kenal di facebook saja yang menandai baik postingan update status, poto dan video yg tidak senonoh, abaikan saja dan langsung report ke tim facebook.com.
Semua itu SPAM

Apa itu SPAM? Spam adalah aktifitas (yang dilakukan bot/robot) untuk menghubungi orang secara berulang-ulang dengan konten yang tidak diinginkan. Termasuk mengirim pesan masal, mengirim link, PIN, atau gambar secara berlebihan ke Kronologi teman, Jadi intinya ada seseorang yang memanfaatkan akun milik kita untuk keperluan si spammer "tanpa sepengetahuan kita".

Ok, yang jelas ada penyebabnya..
Ada banyak penyebab yang memungkinkan suatu akun Facebook terkena SPAM, diantaranya :

  • Phishing
  • Malware
  • Sharebaiting
  • Self-XSS
  • Clickjacking
  • Pencuri Access token
  • Aplikasi Palsu

Apakah akun saya juga kena SPAM ?

untuk yang tidak tau bahwa akunnya aman atau tidak, silahkan pastikan terlebih dahulu dengan cara melihat Login history disana akan terlihat browser apa saja yang dipake Facebook kita, atau dengan cara lain yaitu memantau aktifitas akun kita di Facebook silahkan klik Log Aktifitas, Lalu lihat apakah ada aktifitas mencurigakan, contohnya :
  • Mengupdate atau membuat Catatan
  • Membuat Peristiwa Penting Anda
  • Meng-Upload Photo atau Membuat Gallery
  • Menandai teman
  • dan lain sebagainya
(Lihat waktu aktifitasnya) Jika di waktu tersebut sobat tidak merasa melakukan hal itu, maka bisa dipastikan akun Facebook nya kena SPAM !

Cara Mengatasi Akun Facebook Dari SPAM

  1. Login Facebook
  2. Masuk ke Pengaturan Aplikasi
  3. Hapus aplikasi yang menurut kamu mencurigakan dan tidak digunakan
  4. Klik tanda X lalu Hapus pada bagian kanan aplikasi.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsNumMBipaVcLdsiRJtgU0inI9d09po2RYWCXzt2vjkx4tH93lM7OpP9sGATUoNXHUeoc6qte_P3WkpautHEHoYZhAEWtj68ZGtrnFHhttCaIZbXt8c0M18sefckUIkCRJbwdIU2I5WXE/s320/fb+post.png
Penghapusan Aplikasi yang tak manfaat

Dengan cara tersebut, akun Facebook sudah terbebas dari Aplikasi SPAM
Ada beberapa aplikasi meminta sobat untuk men-download perangkat lunak yang dapat berfungsi untuk menghindari akun sobat dari iklan, yang justru menambah beban saat membuka halaman Facebook. Ini disebut Adware, untuk melihat daftar lengkap program Adware yang diketahui, kunjungi : Adware | Pusat Bantuan Facebook
Jadi Jika sobat melihat iklan yang yang aneh (tidak sesuai), berkedip atau memutar suara secara otomatis, Mungkin browser sobat menggunakan plug-in Adware, Adblock, atau sejenisnya. Maka hendaknya sobat menghapus plug-in yang tidak berguna. Karena Facebook sudah mengatur ukuran dan lokasi iklan yang akan ditampilkan dengan rapi yaitu di bagian kanan, jadi tidak mengganggu kenyamanan penggunanya.

 
Posisi Iklan Facebook

Cara menghapus Plug-in di Browser

  • Mozilla Firefox, klik Tools > Add-ons > Ekstensi.
  • Safari, klik Safari > Preferences > Extensions.
  • Google Chrome, klik Setting > Extensions.
  • Internet Explorer, klik Tools > Manage Add-Ons > Toolbars dan Extensions.
Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, lihat daftar plug-in yang tidak digunakan dan hapus apapun yang terlihat mencurigakan.
Untuk kenyaman dan menanggulangi hal hal yang tidak diinginkan ketika facebookan disarankan untuk mengganti password akun anda secara berkala. 

10 komentar

fenomena ini sih dari dulu gan cuma belakangan ini sangat banyak , biasanya di timbulkan dengan keinginan pengguna Hack game , Hack ini itu biasanya akhirnya akunnya sendiri yang terkena hack . Bahkan virusnya menjurus ke V*Kep -_- ! By the Way artikel bermanfaat nih bagi yang ingin mengatasi Spam di Facebooknya

saya sering dimasukin ke grup yg ga jelas sama org yg ga jelas, cara mengatasinya gimana pak?

memang sekarang harus lebih berhati2 berselancar di fb ya..
terimakasih sangat membantu

iya gan, fenomena spam memang semakin berkembang kian hari makin pinter spammer nyepamnya. ini juga bug facebook.memang no system perfect. !
yg skrg lagi marak VB alis Vi*eo *okep gann
thank you gan, keep visiting and go ngeblog..

sering dimasukkan di group fb yang gk jelas itu salah satu kena spam kita pak, tapi bukan akun kita, hanya akun yg ngetag atau nambahkan kita k group itulah yg terkena spam.
solusi report ke facebook helper. leave group satu persatu secara manual.

bener sekali pakk.
kita harus berinternet dengan cerdas..
keep visit my blog

iya nih gan , sekarang pada banyak spammer. rata2 mereka kena malware

bner gan, jadi kita harus lbh berhati2 dalam berselancar diinternet dan facebook..
thank kunjungannya gan :)

itu lewat virus yah gan :o

bisa dikatakan bgitu bro.. spam masuk ke akun kita melalui link dan postingan yg gk penting, seperti link2 porno link lucu yg gk masuk akal..
jadi harus lebih berhati2 berslancar di facebook gan :)


EmoticonEmoticon