Jumat, 01 Januari 2016

Apa Sih Google Panda dan Google Penguin Itu?


Google merupakan pemimpin dan pioneer dalam hal pencarian di internet. Dalam beberapa tahun terakhir Google berhasil menguasai sekitar 2/3 saham dalam dunia internet  dan terus memaksimalkan kecerdasan mesin pencarinya, Sebagai contoh, baru beberapa bulan google mengupdate algoritma google Panda  lama setelah itu sekitar 3 bulan kemudian  kembali google mengupdate yang namanya google penguin. Google Panda saja sudah cukup ditakuti oleh pengelola situs, dan di tambah lagi update google penguin sekitar akhir April kemaren.  Banyak situs yang terkena efek dari update google panda dan penguin ini.

Nah, kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Mengapa harus ada google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (search engine result page) sebuah situs? Disini saya akan menjelaskan sedikit apa yang dimaksud dengan google panda dan penguin tersebut, yang saya sarikan dari berbagai sumber. Mungkin bagi sebagian sobat blogger pemula masih bingung, karena itulah kita wajib mengetahui istilah ini.

Google Panda dan google penguin di luncurkan google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Karena banyak keluhan yang disampaikan pengguna google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO dalam mengoptimasi situsnya. Nah disinilah maka google terus-menerus mengupdate teknik algoritma mesin pencarinya termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.


Bagaimana cara kerja google panda?

Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.

Apa itu content farm?

Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm  adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.

Apa akibatnya jika google mengetahui sebuah web menggunakan content farm?

  • Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian google.
  • Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari google.

Demikian Penjelasan Singkatnya. Semoga bermanfaat.
Silahkan tingglkan Jejak kawan.


EmoticonEmoticon